Mahasiswa Seni Pengolahan Patiseri Poltekpar Medan Unjuk Kreativitas di Pastry Display 2023

Mahasiswa Seni Pengolahan Patiseri  Poltekpar Medan Unjuk Kreativitas di Pastry Display 2023
Mahasiswa Seni Pengolahan Patiseri Poltekpar Medan Unjuk Kreativitas di Pastry Display 2023 (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - Puluhan menu nusantara yang dimodifikasi dan dipamerkan Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan Semester IV Program Studi Seni Pengolahan Patiseri pada Patry Display 2023.

Ketua Program Studi Seni Pengolahan Patiseri, Jerry Wilson Simanjuntak SS, M.Hum mengatakan, kegiatan ini menjadi ajang mahasiswa untuk mengekspresikan keterampilan yang dimiliki di bidang kuliner.

Kegiatan Pastry Display seperti ini digelar setahun dua kali. Ini merupakan kegiatan yang menunjukkan bahwasannya mahasiswa yang sudah menerima pendidikan benar-benar mengaplikasikan sesuai bimbingan selama 3 tahun.

"Pada ajang ini, orang tua bisa melihat kreativitas anak-anak yang sudah mampu mengelola kemampuannya, seperti hasil produk yang diajarkan di Poltekpar. Ini merupakan potensi yang mereka miliki," kata Jerry Wilson di Kampus Poltekpar Medan, Kamis (25/5).

Diungkapkan Jerry Wilson, anak-anak di Poltekpar Medan dibimbing dengan benar oleh dosen berpengalaman selama 3 tahun. Ada teori dan praktik, keduanya harus seimbang.

Harapannya, mahasiswa yang sudah menjalani proses pembelajaran di Poltekpar Medan dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka miliki, sehingga mereka lebih siap pakai di dunia kerja. Minimal bisa membuka peluang usaha sendiri.

"Kami mengajak masyarakat untuk dapat menguliahkan anaknya belajar di Poltekpar Medan, sehingga menjadi sumber daya manusia lebih baik lagi dengan memiliki keterampilan yang menunjang sektor pariwisata," sebutnya.

Ketua Panitia, Elgiana Maharani menuturkan, dengan adanya Pastry Display seperti ini mahasiswa bisa menunjukkan kepada orang tua, tamu, dan dosen bahwa mereka bisa membuat menu nusantara seperti cemilan, roti, minuman, eskrim, dan menu utama berstandar internasional. Sebab, apa yang diajarkan di Poltekpar Medan sesuai dengan standar Internasional.

"Mengambil tema Newsantara!, mahasiswa mengangkat kearifan lokal dan dikembangkan menjadi produk-produk lebih modern. Ada puluhan menu yang sudah kami modifikasi, istilahnya, menu modern tetapi dikombinasikan dengan bahan-bahan tradisional seperti rempah-rempah Indonesia," tetang Elgiana, mahasiswi Semester IV B.

Nur Baity, orang tua mahasiswa mengaku, sangat bangga karena anak-anak menunjukkan hasil yang terbaik di bidang pastry. Menurutnya, ini adalag proses dari kesabaran dan kreativitas yang telah benar-benar diberikan anak-anak.

"Semoga kerja keras bapak ibu dapat tergantikan dengan prestasi yang akan dicapai anak-anak setelah tamat dari sini, dan tetaplah berkarya, berlatih, berinovasi, sehingga bisa berhasil. Terima kasih kepada dosen pengajar dan seluruh staf di sini,” tandasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi