Jemaah Haji Kota Tebingtinggi Bergeser dari Madinah Menuju Mekkah

Jemaah Haji Kota Tebingtinggi Bergeser dari Madinah Menuju Mekkah
Jemaah Haji Kota Tebingtinggi berada dalam Bus Alojour for Transport Pilgrims saat meninggalkan Madinah menuju Mekkah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Madinah - Sebanyak 96 rombongan jemaah haji asal kota Tebingtinggi yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 4 embarkasi Medan, Sumatera Utara, mulai bergeser meninggalkan Madinah setelah selesai melaksanakan Salat Arbain menuju Mekkah dimulai mengambil miqat dari bir Ali, Senin (5/6) pukul 06.30 Waktu Arab Saudi.

Semua rombongan Jemaah Haji Kota Tebingtinggi dalam kondisi sehat walafiat adanya meski saat berada di Madinah ada juga beberapa orang yang tergolong jemaah Lansia, sempat di rujuk ke Rumah Sakit diantaranya Ibu Nursian Lubis (86) juga ikut bersama menuju Mekah.

Seperti halnya Bayan tarhil Solat isya tanggal 27 Mei, Sabtu malam Minggu, maka berakhir pada Salat Maghrib tanggal 4 Juni dan jika dimulai Solat subuh tanggal 28 Mei, maka Arbain berakhir pada Solat isya tangal 4 Juni.

Alhamdulillah karena berangkat menuju Makkah pada tanggal 5 Juni dapatlah Solat Subuh sehingga Arbainnya bertambah satu dengan demikian jumlahnya 41 waktu.

Usai melaksanakan Solat Arbain di Mesjid Nabawi Medinah kini para jemaah akan mulai melaksanakan umroh wajib berkaitan rangkaian ibadah haji.

Sementara itu dokter Aida yang tergabung dalam Tim Kesehatan Jemaah Haji Indonesia (TKJHI) mengatakan pihaknya akan terus selalu memantau kondisi kesehatan Jemaah Haji tidak hanya jemaah lanjut usia juga jemaah yang dibawah usia lanjut, agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji yang sangat membutuhkan kondisi fisik yang baik, ujarnya saat di sapa Analisa Senin (5/6) di sela pemberangkatan dari Madinah ke Makkah.

Menurut dr.Aida dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan para jemaah yang sakit disebabkan kelelahan, akibat melakukan perjalanan yang jauh, bagi para jemaah usia lanjut dihimbau untuk tetap selalu menjaga kesehatan, karena suhu udara di Madinah tergolong cukup panas, ujar dr.Aida.

Beberapa jemaah diantaranya Subarjo, dan Suhartoyo Sulur, yang juga Ketua Rombongan Jemaah Haji Kota Tebingtinggi, didampingi TPHD Kota Tebingtinggi Aidil Amril, para Kepala Regu, dan wakil Karu Syafwan Ariandi Lubis, serta Erwandi Purba Sekretaris Kesbang Polinmas Pemko Tebingtinggi, mengaku merasa bahagia, sementara Subarjo dan Suhartoyo Sulur juga mengaku merasa bahagia tersendiri bisa dipercaya sebagai ketua rombongan sambil menambahkan dirinya akan selalu siap melayani jemaah haji Kota Tebingtinggi, dalam mengemban amanah tugas mulia ini, seraya mengatakan tugasku ibadahku, ucap Subarjo.

Beberapa persoalan yang dihadapi para jamaah dapat diselesaikan dengan baik dan selalu bekerja sama dengan Aidil Amril, Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kota Tebingtinggi yang Juga Kabag Kesra Pemko.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi