BAS Sukses Tanam Perdana Kebun Kemitraan

BAS Sukses Tanam Perdana Kebun Kemitraan
Perwakilan PT BAS dan para kepala desa di sekitar PT BAS diabadikan Poto bersama usai tanam perdana. (Analisadaily/Tohong P Harahap)

Analisadaily.com, Simangambat - Barumun Agro Sentosa (BAS) salah satu unit usaha PT. Pasifik Agro Sentosa melakukan penanaman Kelapa Sawit perdana pada lahan petani Mitra, di Desa Gunung Manaon UB, Kecamatan Ujung Batu.

Penanaman tersebut sebagai salah satu bentuk komitmen dari PT. Barumun Agro Sentosa dalam memfasilitasi pembangunan & pengelolaan kebun milik petani kelapa sawit di sekitar unit usaha PT BAS.

Estate Manager PT. BAS Ir. Saut Thomas Sinaga menyebutkan pihaknya (PT BAS) telah menjalin kerjasama kemitraan dengan beberapa koperasi antara lain, koperasi produsen sukses makmur satahi dan koperasi produsen borkat sahata maju. Bentuk kerjasama telah terjalin antara lain jual beli tandan buah segar kelapa sawit, memfasilitasi sarana produksi, serta kerjasama pembangunan kebun kelapa sawit dan sudah berjalan sejak tahun 2019.

Lanjutnya komitmen dari kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani melalui pelatihan, pendampingan dilapangan termasuk mendorong praktek-praktek agronomi yang baik dan berkelanjutan seperti pembukaan lahan tanpa bakar (zero burning), pemilihan bibit bersertifikat, dan memudahkan petani dalam menjual hasil produksinya dengan mutu dan harga yang lebih baik.

“ Pembangunan kebun kelapa sawit telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2023 dan tanam perdana pada tanggal 14 Agustus 2023,” ucap Ir Saut Thomas, Rabu (15/8).

Camat Ujung Batu Budi Alamsyah Hasibuan SE menyampaikan apresiasi dan sepenuhnya program kemitraan PT. Barumun Agro Sentosa terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa sekitar PT BAS.

“ Kami mewakili pemerintah daerah khususnya kecamatan ujung batu mendukung sepenuhnya program kemitraan PT. Barumun Agro Sentosa terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa sekitar, serta mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PT. Barumun Agro Sentosa yang senantiasa selalu konsisten dalam membangun kebun masyarakat yang bermitra disekitar PT. BAS,” ungkapnya.

Sementara Kabid Perkebunan Paluta Nurdiansyah Siregar Sp, M.Si menyebutkan PT. Barumun Agro Sentosa menjadi salah satu contoh bagi perusahaan Perkebunan Kelapa sawit di Sumatera utara khususnya di Kabupaten Padang Lawas Utara yang telah berhasil menjalankan program kemitraan bahkan menjadi salah satu narasumber pada kegiatan sosialisasi permentan nomor 18 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara.

Senada juga disampaikan kabag administrasi Pembangunan Irwansyah Raja Ritonga agar kebun kemitraan tetap berjalan dengan baik sebagaimana mestinya dan komitmen antara perusahaan dengan petani mitra tetap berjalan dengan baik serta dapat menjadi contoh bagi perusahaan dikabupaten Padang Lawas Utara

(ONG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi