Laksanakan PKM, Dosen Panca Budi Edukasi Peningkatan Nilai Guna Sampah Organik Rumah Tangga Melalui Budidaya Maggot dan Pupuk Kasgot

Laksanakan PKM, Dosen Panca Budi Edukasi Peningkatan Nilai Guna Sampah Organik Rumah Tangga Melalui Budidaya Maggot dan Pupuk Kasgot
Dosen Panca Budi laksanakan PKM. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Langkat - Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi melaksanakan pendampingan dan pelatihan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan edukasi dan pemahaman peran maggot dalam mengurangi sampah organik rumah tangga, dapat dijadikan pakan ternak serta kasgot sebagai media tanam dan pupuk organik, di Kelompok Tani Maju, Desa Suka Damai Timur, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Minggu (17/9).

Kegiatan Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tim dosen yang terdiri dari ketua tim yakni Dini Julia Sari Siregar, S.Pt., MP, serta anggota tim yakni Warisman, S.Pt., M.Pt dan Ir. Zamriyetti, MP, serta melibatkan 2 orang mahasiswa UNPAB. Selain itu juga dihadiri oleh narasumber dari Maggot Medan Teratai Ratna Sinaga serta masyarakat dan mitra yang terlibat dalam PKM ini.

Sosialisasi dengan memberikan materi ceramah peran maggot dalam mengurangi sampah organik rumah tangga, dapat dijadikan pakan ternak serta kasgot sebagai media tanam dan pupuk organik; serta diskusi tanya jawab disampaikan oleh ibu Ratna Sinaga dari Maggot Medan Teratai, Medan Selayang.

“Kita juga diberikan praktik budidaya maggot dan pembuatan pupuk organik dengan bahan baku kasgot serta diberikan bantuan alat inovasi usaha budidaya maggot tepat guna berupa kandang lalat, tempat pembesaran larva lalat/maggot, tempat migrasi prepupa lalat, dan penampungan kasgot oleh para mitra yang hadir. Mereka kita kasih kesempatan untuk mempelajari dan mencoba langsung budidaya maggot dan pembuatan kasgot dengan bahan dan alat yang telah disediakan oleh tim pengabdi,” ujar Ketua Tim PKM Dini Julia Sari Siregar, S.Pt., MP.

Peningkatan sampah organik.
Melalui kegiatan ini, imnuhnya, diharapkan mitra dan masyarakat yang terlibat dapat lebih memahami peran maggot dalam mengurangi sampah organik rumah tangga serta manfaat lain yang dihasilkannya seperti pembuatan pupuk organik dengan bahan baku kasgot di mana setelah dilakukannya sosialisasi (dengan ceramah dan diskusi tanya jawab).

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi