Terbeban Utang, Gubernur California Memveto RUU Tunjangan Pengangguran

Terbeban Utang, Gubernur California Memveto RUU Tunjangan Pengangguran
Gavin Newsom, Gubernur, Negara Bagian California berbicara pada Konferensi Global Milken Institute 2023 di Beverly Hills, California, AS, 2 Mei 2023. (Reuters/Mike Blake/File Photo)

Analisadaily.com, California - Gubernur California, Gavin Newsom, memveto rancangan undang-undang yang akan memberikan tunjangan pengangguran kepada pekerja yang mogok, dan mendapat dukungan kuat dari serikat pekerja dan rekan-rekan Demokrat di badan legislatif negara bagian.

Saat menolak RUU tersebut, Newsom mencatat bahwa dana perwalian pengangguran negara bagian sudah mendekati $20 miliar dalam bentuk utang.

“Sekarang bukan waktunya untuk menaikkan biaya atau menanggung utang yang cukup besar,” tulisnya dalam pesan yang menjelaskan vetonya dilansir dari Reuters, Minggu (1/10).

Badan legislatif yang mayoritas penduduknya berasal dari Partai Demokrat mengesahkan RUU tersebut pada bulan September di tengah beberapa pemogokan besar-besaran.

Para penulis Hollywood mengakhiri aksi mogok kerja mereka selama hampir lima bulan 12 hari kemudian, namun para aktor Hollywood tetap tidak ikut serta dalam aksi mogok tersebut. Pekerja hotel di California Selatan juga melakukan pemogokan.

RUU ini akan membuat para pekerja yang mogok setidaknya selama dua minggu memenuhi syarat untuk mendapatkan pemeriksaan pengangguran. Sebagian besar negara bagian, kecuali New York dan New Jersey, tidak menawarkan tunjangan pengangguran bagi pekerja yang mogok.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi