Dosen Kebidanan ST Bhinneka-Stikes Mitra Sejati Gelar PKM Cegah Pernikahan Dini

Dosen Kebidanan ST Bhinneka-Stikes Mitra Sejati Gelar PKM Cegah Pernikahan Dini
Dosen Kebidanan ST Bhinneka diabadikan saat menggelar PKM kepada siswa terkait pencegahan pernikahan dini (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- Dosen Kebidanan dari Universitas Satya Terra (ST) Bhinneka Medan dan Stikes Mitra Sejati melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMA Swasta Primbana Medan beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk realisasi dari kerja sama dalam implementasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen Kebidanan yang terdiri dari Ria Fazelita Br Gultom, S.Tr.Keb., M.Tr.Keb, Yusmalia Hidayati, S.Tr.Keb., M.Keb, Dilma’aarij Riski Agustia, S.Tr.Keb., M.K.M, Wiwiek Elsada Nainggolan, S.Tr.Keb., M.Tr.Keb , Fitri Khoiriyah, STr.Keb., M.Keb dan Dita Anggriani Lubis, S.Tr.Keb., M.K.M menjadi pelaksana PKM ini, serta melibatkan empat mahasiswi kebidanan

“Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang dampak dari pernikahan dini terhadap kesehatan reproduksi. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini dan mereka sangat aktif dalam sesi diskusi," ujar dosen Universitas ST Bhinneka, Dilma’aarij Riski Agustia melalui rilis yang diterima, Senin (18/12).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pengabdian ini dilatar belakangi oleh tingginya angka pernikahan dini di Indonesia, khususnya di Kota Medan. Tim melakukan studi pendahuluan dengan melaksanakan analisis situasi daerah di Kota Medan yang masih tinggi angka pernikahan dini sehingga tim PKM bisa tepat sasaran pada pelaksanaan PKM tersebut.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh siswa dan siswi Kelas XII SMA Swasta Primbana Medan. Materi sosialisasi yang disampaikan yaitu tentang pengertian pernikahan dini, dampak pernikahan dini terhadap kesehatan reproduksi dan pendewasaan usia perkawinan sesuai yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kegiatan PKM berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias. Pada sesi kedua dilakukan pemutaran film dampak pergaulan bebas yang berujung pada pernikahan dini. Siswa dan siswi SMA Swasta Primbana menyimak dan memberikan tanggapan mengenai pesan penting dalam film yang telah diputar.

Evaluasi yang dilakukan oleh tim pengabdian yakni dengan memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk mengajukan tanggapan atas pertanyaan yang diberikan oleh tim PKM dari Univeristas ST Bhinneka.

“Siswa dan siswi sangat antusias, mereka memahami apa yang kami sampaikan. Hal ini terbukti dengan antusiasnya siswa dan siswi menanggapi materi sosialisasi yang kita sampaikan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Tim PKM yakni para dosen kebidanan ST Bhinneka mengucapkan terima kasih kepada Universitas Satya Terra Bhinneka atas dukungan yang diberikan melalui pemberian dana hibah dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi