Tim Pengabdian Masyarakat USU Latih Mahasiwa Manfaatkan AI untuk Konten Dakwah

Tim Pengabdian Masyarakat USU Latih Mahasiwa Manfaatkan AI untuk Konten Dakwah
Tim LPM USU Prof. dr. Tri Widyawati, M.Si., Ph.D (FK USU) dengan anggota dr. Yunilda, Andriyani, M.K.T., Sp.ParK (FK USU), Dr. Eng. Ir. Taufiq Bin Nur S.T., M.Eng.Sc (FT USU), dan Imam Bagus Sumantri, S.Farm., M.Si., Apt (FFarmasi USU) foto bersama. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Tim Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPM USU) menggelar pengabdian masyarakat bertajuk “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembuatan Konten Dakwah” yang melibatkan mahasiswa Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Sumatera Utara.

Kegiatan yang diketuai Prof. dr. Tri Widyawati, M.Si., Ph.D (FK USU), dengan anggota tim dr. Yunilda, Andriyani, M.K.T., Sp.ParK (FK USU), Dr. Eng. Ir. Taufiq Bin Nur S.T., M.Eng.Sc (FT USU), dan Imam Bagus Sumantri, S.Farm., M.Si., Apt (FFarmasi USU) dan juga dibantu mahasiswa para mahasiwa yakni, Tarisa Olivia, M. Rozan Fawwaz Syariq, Septian Nugraha, Saddam Haiqal, dan Rezka Zuhra Maulida yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pertanian, dilaksanakan tiga tahap.

Ketua Tim Pengabdian Prof. dr. Tri Widyawati, M.Si., Ph.D mengungkapkan, tahap pertama dari pengabdian itu yakni, penyampaian materi dilaksanakan, Selasa, (25/6/2024), selanjutnya belajar mandiri. Sementara sesi presentasi tugas video singkat berisi dakwah dengan memanfaatkan AI dilaksanakan Rabu (3/7/2024).

"Pada tahap pertama, peserta diberikan materi mengenai pemanfaatan AI dalam pembuatan konten dakwah yang interaktif dan menarik. Materi ini mencakup teori dasar, teknik pembuatan konten, serta cara menggunakan alat-alat AI untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas dakwah. AI yang akan dimanfaatkan adalah AI yang berfungsi membuat gambar, merubah gambar, merubah tulisan menjadi suara, dan membuat video dari gambar. Selain itu juga disampaikan pemanfaatan video editor yang bisa diperoleh secara gratis seperti KineMaster," papar Prof. dr. Tri Widyawati, M.Si., Ph.D.

Pada pertemuan kedua, lanjut Prof. dr. Tri Widyawati, M.Si., Ph.D, yang dilaksanakan Rabu (3/7/2024), menjadi momen penting untuk mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kerja peserta setelah sesi belajar mandiri. Para mahasiswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan kreativitas yang luar biasa dalam menciptakan konten dakwah berbasis AI.

Tim pengabdian LPM USU diketuai Prof. dr Tri Widyawati, M.S.i, Ph.D foto bersama peserta dan mahasiswa USU usai memberikan pelatihan.
"Mereka berhasil mengimplementasikan teori pembelajaran yang telah disampaikan sebelumnya dengan baik. Untuk evaluasi kegiatan juga dilakukan survei awal dan post test," kata Prof. dr. Tri Widyawati, M.Si., Ph.D.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, lanjutnya, telah dibentuk Unit Kreator Dakwah Digital dengan koordinator Ustadzah Siti Nur Komariah. Unit ini diharapkan dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi AI untuk mendukung dakwah digital yang lebih efektif dan menjangkau lebih banyak orang.

“Kami sangat bangga dengan semangat dan kreativitas yang ditunjukkan para mahasiswa dalam kegiatan ini. Semoga dengan adanya Unit Kreator Dakwah Digital, kita dapat terus berinovasi dalam menyebarkan pesan-pesan kebaikan melalui teknologi,” ujar Prof. Tri.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang dakwah digital di ADI Sumut dan sekitarnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi