Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi di Kawasan Danau Toba Terus Berinovasi

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi di Kawasan Danau Toba Terus Berinovasi
Menparekraf/Baparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Workshop KaTa Kreatif di Pantai Libra SS Resto, Desa Unte Mungkur, Kecamatan Muara, Taput (Analisadaily/Emvawari Candra Sirait)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terus berinovasi, berkarya, dan membangun jejaring dalam upaya peningkatan ekonomi.

Hal ini disampaikan Sandiaga Uno dalam sambutannya pada Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Pantai Libra SS Resto, Desa Unte Mungkur, Kecamatan Muara, Kabupate Taput, Kamis (4/7).

"Tuhan yang maha kuasa sudah menganugrahkan alam yang sangat indah di Danau Toba, mari kita kreasikan dan inovasikan dengan produk-produk ekonomi yang kreatif," ujarnya.

Sandiaga Uno mengatakan, kreasi dan inovasi dalam pengembangan produk ekonomi kreatif sangat penting dilakukan di kawasan Danau Toba, khususnya di kawasan Danau Toba Muara, Taput.

"Sehingga orang-orang ke sini bukan hanya menjadi Rohali, atau rombongan yang hanya lihat-lihat dan selfi-selfi, tapi mereka harus menjadi Rojali, rombongan yang jajan-jajan dan beli-beli produk ekonomi kreatif di Tapanuli Utara," ucapnya.

Dia menambahkan, kreasi dan inivasi ini juga diperlukan bagi pelaku ekonomi untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini.

"Kabupaten Tapanuli Utara yang berada di area Geopark Kaldera merupakan salah satu geopark Indonesia yang telah dikenal di dunia, Destinasi Super Prioritas (DSP) yang memiliki potensi ekonomi kreatif, khususnya pada subsektor kuliner, kriya, dan fesyen sehingga dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan produk dan usaha oleh pelaku ekonomi kreatif," pungkasnya.

Workshop KaTa Kreatif yang dilaksanakan di Pantai Libra SS Resto, Desa Unte Mungkur, Kecamatan Muara, Taput ini dihadiri sekitar 150 para pelaku ekonomi kreatif se-Taput.

Selain menghadiri Workshop KaTa Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga menandatangani plakat prasasti Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata (PKDP).

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi