USU SPIRIT Summer Course 2024: Kolaborasi Internasional Atasi 3 Beban Penyakit di Asia

USU SPIRIT Summer Course 2024: Kolaborasi Internasional Atasi 3 Beban Penyakit di Asia
USU SPIRIT Summer Course 2024: Kolaborasi Internasional Atasi 3 Beban Penyakit di Asia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) sukses menggelar SPIRIT Summer Course 2024 dengan tema "Promoting Physical Activity And Diet In Combating Triple Burden Diseases In Asia: New Insight".

Acara yang berlangsung sejak 2 hingga 17 September 2024 ini menghadirkan platform inovatif untuk membahas cara-cara pencegahan "tiga beban penyakit" di Asia, yakni penyakit menular, penyakit tidak menular, dan malnutrisi.

Kegiatan ini diadakan oleh Fakultas Kedokteran (FK) USU melalui Program Pendidikan Profesi Dokter (P3D) dan dilaksanakan secara hibrid, menggabungkan sesi daring dan luring.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si., menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini. Beliau menegaskan pentingnya kerjasama internasional dalam menghadapi tantangan kesehatan global.

"Pertukaran pengetahuan antar negara berkembang sangat penting untuk menciptakan pemahaman baru dan solusi inovatif terkait aktivitas fisik dan pola makan guna mengatasi triple burden diseases di Asia," ungkapnya, Senin (7/10).

Dekan Fakultas Kedokteran USU, Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, SpS(K), menambahkan bahwa fokus utama dari SPIRIT Summer Course 2024 ini adalah meningkatkan pemahaman peserta terhadap aktivitas fisik, nutrisi seimbang, dan olahraga tradisional.

"Kami berharap peserta menjadi lebih familier dengan konsep nutrigenomik dalam olahraga dan pentingnya nutrisi yang tepat untuk mendukung performa fisik yang optimal," jelasnya. Kegiatan ini juga menekankan pengembangan kurikulum berbasis e-learning dan kursus pembelajaran seumur hidup untuk generasi muda.

Prof. Dr. dr. Dina Keumala Sari, M. Gizi, SpGK(K), selaku Ketua Panitia, melaporkan bahwa kursus ini diikuti oleh 51 peserta dari 11 negara dan 18 universitas. Peserta berasal dari berbagai negara, termasuk Siprus, Spanyol, Finlandia, Turki, Maladewa, India, Sri Lanka, Malaysia, Singapura, dan Indonesia, dengan total 27 peserta internasional.

"Program ini juga menghadirkan 23 narasumber terkemuka dari berbagai belahan dunia," pungkasnya.

SPIRIT Summer Course 2024 ini merupakan kelanjutan dari suksesnya program perdana yang digelar pada tahun 2023, dan kali ini dengan peserta serta pembicara yang lebih beragam.

Kolaborasi ini menghadirkan ilmuwan top dalam bidang ilmu olahraga, nutrisi, dan perilaku saraf, yang memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang pentingnya aktivitas fisik dan pola makan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi