Dua Pimpinan DPRK Langsa Dilantik

dua-pimpinan-dprk-langsa-dilantik

Langsa, (Analisa). Dua pimpinan DPRK Langsa definitif yaitu Wakil Ketua I dari Partai Golkar Sai­fullah, Wakil Ketua II dari Partai Demokrat Ir Joni, dilantik sekaligus diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lang­sa, Dr Nurmaningsih Amriani SH MH, di ruang sidang DPRK setempat, Senin (28/10).

Sementara untuk Ketua DPRK Langsa dari Partai Aceh masih ditunda pelan­tikan­nya. Sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua Sementara DPRK Langsa Zulkifli Latif itu dihadiri Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid, anggota DPRK Langsa, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Sekwan DPRK Langsa, Samsul Bahri menyebutkan, pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Gubernur Aceh, Nomor 171.11/1712/2019, tentang peres­mian pengangkatan pimpinan DPRK Lang­sa, tanggal 23 Oktober 2019, yang ditan­datangani oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Dalam kesempatan itu, Marzuki Hamid mengatakan, pelantikan ini akan memacu dan memotivasi kedua pimpinan dewan untuk memahami serta menjalankan tang­gung jawab sebagai bagian dari unsur pe­nye­lenggara pemerintahan daerah.

Kemudian, menjalankan amanah se­bagai wakil rakyat yang mampu menye­rap dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat se­cara optimal sesuai dengan ke­wenangan le­gislatif, sehingga mampu men­jalin sinergitas, keharmonisan dan ko­munikasi serta kinerja yang baik antara para unsur penyelenggara pemerintahan.

"Saya harap rekan-rekan anggota DPRK Lang­sa, agar bergegas beradaptasi dan da­pat langsung bekerja menyelesaikan bebe­rapa pekerjaan yang telah menanti kita salah satunya  penyelesaian pem­bahasan RAPBK Kota Langsa T/A 2020," harapnya.

Disebutkan, sesuai dengan amanat  Pasal 149 Undang-Undang (UU) Nomor 23/2014 ten­tang pemerintahan daerah,  Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD), baik itu DPRD Provinsi maupun DPRD kabu­paten/kota menjalankan fungsi pembentukan pe­raturan daerah, anggaran dan pengawasan.

Momen penyusunan RAPBK 2020 men­jadi langkah awal menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masya­rakat dan kemajuan Kota Langsa. 

Namun, yang paling penting bagaimana ang­­gota dewan dan Pemko Langsa dapat me­­rangkul dan menggugah partisipasi selu­ruh masyarakat, sehingga aspirasi masya­rakat dapat diwujudkan melalui pemba­ngu­nan daerah, karena masyarakat me­nung­gu langkah-langkah strategis yang dila­kukan anggota dewan dalam mengem­ban amanat yang telah masyarakat berikan dalam pemilu lalu. (dir)

()

Baca Juga

Rekomendasi