Liga 1

Debut Djanur Berantakan, Barito Dibantai Persipura

debut-djanur-berantakan-barito-dibantai-persipura

Banjarmasin, (Analisa). Debut Djajang Nurjaman (Djanur) sebagai Pelatih Ba­rito Putra menjadi beranta­kan, setelah tim Laskar Antasari  dibantai Persipura 4-0 dalam lanjutan Liga 1 yang justru digelar di  kan­dang sendiri,  Stadion De­mang Lehman, Jumat (23/8).

Persipura mencuri gol lebih dulu lewat aksi Ma­madou Samassa pada menit 36. Pelanggaran yang dilaku­kan Bayu Pradana persis di depan kotak penalti, diman­faatkan maksimal oleh eks penyerang Madura United itu lewat eksekusi tendangan bebas. Bola sepakan Samassa ke sisi kanan gawang gagal dihalau Aditya Harlan.

Persipura menggandakan keunggulan di menit 59, lewat gol Andre Ribeiro. Sundulan keras defender berpaspor Brasil itu meman­faat­kan um­pan tendangan bebas Ian Louis Kabes, meluncur deras ke sisi kiri gawang tanpa bisa diblok Aditya. Hanya berselang enam menit, armada Mutiara Hi­tam kembali menambah pundi gol lewat aksi Titus ‘Tibo’ Bonai. Penyerang berusia 30 tahun ini ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 65. Tendangan bebas Tibo mendarat mulus di gawang dan membuat Aditya Har­lan untuk ketiga kali memungut bola dari dalam gawangnya. Persipura benar-benar me­nggila di babak kedua. Menit 68, giliran Kabes mengubah kedudukan lagi lewat golnya. Kekalahan ini menodai debut Djanur bersama Laskar Antasari. Hasil negatif ini tak mengubah posisi Barito Putera di posisi zona degradasi, tepatnya di urutan 16 dengan koleksi 12 poin.

Sementara itu, bagi Persipura, ke­menangan ini cukup untuk mendongkrak posisi pasukan Jacksen Tiago ke peringkat 8 de­ngan 20 poin.

Sleman Menang

Di Stadion Maguwo­harjo, tuan rumah  PSS Sle­mang menang 3-2 ata PSM Makas­sar. Dalam laga ini, PSM yang berstatus tim tamu malah mampu mencuri gol lebih dulu saat laga baru berjalan sembilan menit via Eero Markkanen.

Jelang pertandingan babak pertama usai, PSM mampu menggandakan keung­gulan­nya. Kembali, Pluim jadi kreator ter­ciptanya gol kedua PSM. Umpan terukur berhasil dimanfaatkan Zulham Zamrun, yang lolos dari jebakan offside. Sepakan keras jarak dekat Zulham membuat gawang Ega Rizky kembali bergetar.

Tertinggal dua gol di babak pertama, PSS mampu memper­kecil ketinggalan lewat gol spektakuler Brian Ferreira menit 51.

PSS di luar dugaan mampu menyamakan kedudukan pada menit 81. Pelanggaran yang dilakukan Marc Klok di area terlarang membuat wasit meng­hadiahkan hadiah penalti buat PSS. Brian yang tampil sebagai eksekutor berhasil menaklukkan Rivky lagi, dan mencatat brace dalam laga ini. Saat pertandingan diperki­rakan akan berakhir seri, PSS justru mampu mem­balikkan keadaan menjadi 3-2. Kus­hedya Yudo yang baru main dua menit berhasil membobol gawang Rivky usai lebih dulu mengelabui tiga pemain PSM.   Hasil positif ini membawa PSS naik ke posisi empat klasemen sementara Liga 1, dengan catatan 24 poin. Sementara bagi PSM, kekalahan tak membuat armada Juku Eja bergerak dari urutan sembilan dengan catatan 19 poin. (vn)

()

Baca Juga

Rekomendasi