Pertama Kali, Messi Tidak Masuk Daftar Nominasi Ballon d'Or

Pertama Kali, Messi Tidak Masuk Daftar Nominasi Ballon d'Or
Lionel Messi dari Paris Saint-Germain (kiri) dalam latihan minggu ini (AFP/Bertrand GUAY)

Analisadaily.com, Paris - Pemenang Ballon d'Or tujuh kali, Lionel Messi, harus relah karena dia tidak masuk daftar 30 pemain terbaik untuk penghargaan sepak bola yang didambakan tahun ini. Messi, yang memenangkan gelar tahun lalu, selalu hadir di antara nominasi sejak 2006 dan fitur reguler di tiga besar sejak 2007 dengan pengecualian 2018.

Tetapi Messi telah melewatkan penghargaan 2022 setelah kepindahannya dari Barcelona ke ibukota Perancis. Perubahan format juga berdampak pada superstar Argentina dengan Ballon d'Or tidak lagi mengakui pemain terbaik selama satu tahun kalender.

Sebaliknya, itu didasarkan pada rekor musim yang menyoroti "penampilan individu" dan "karakter yang menentukan dan mengesankan" dari para nominasi, menurut kriteria. Setelah meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021, Messi tidak mampu menunjukkan kejeniusannya pada tim PSG yang sangat menginginkan gelar Liga Champions.

Sang juara Perancis tersingkir di babak 16 besar di tangan pemenang akhirnya Real Madrid. Secara total, Messi hanya mencetak 11 gol untuk PSG dengan penampilan klubnya yang gagal mengesankan. Ballon d'Or yang akan diberikan di Paris pada 17 Oktober.

Rekan setim PSG Neymar juga absen setelah satu musim di mana ia mencetak 13 gol dalam 28 pertandingan. Sisa dari daftar nominasi memunculkan beberapa kejutan.

Striker internasional Perancis, Karim Benzema adalah favorit luar biasa setelah menjadi arsitek gelar Liga Champions ke-14 Real Madrid. Dia menyelesaikan kampanye Eropa dengan 15 gol.

Benzema berpeluang menjadi juara Prancis kelima setelah Raymond Kopa (1958), Michel Platini (1983, 1984, 1985), Jean-Pierre Papin (1991) dan Zinedine Zidane (1998). Pada musim 2021-2022, Benzema mencetak 44 gol dalam 46 penampilan untuk tim Madrid yang juga memenangkan gelar Liga.

Golnya dalam kemenangan 2-0 Rabu atas Eintracht Frankfurt di Piala Super Eropa membuat pemain berusia 34 tahun itu mencetak 324 gol untuk raksasa Spanyol itu. Itu membuatnya mengungguli Raul dalam daftar klub sepanjang masa dengan hanya Cristiano Ronaldo di depannya dengan 450.

"Dia masuk antrean Ballon d'Or. Apakah ada keraguan? Bagi saya, tidak," kata pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti dilansir dari AFP dan Channel News Asia, Sabtu (13/8).

Ronaldo dari Manchester United, pemenang Ballon d'Or lima kali, dinominasikan lagi tahun ini. Benzema bergabung dalam daftar 30 pemain oleh rekan satu timnya Thibaut Courtois, Casemiro, pemenang 2018 Luka Modric, Vinicius dan mantan pemain Chelsea, Antonio Rudiger.

Finalis Liga Champions yang dikalahkan Liverpool memiliki tujuh pemain yang dinominasikan, terbanyak dari klub mana pun. Mereka adalah Trent Alexander-Arnold, Luis Diaz, Fabinho, Sadio Mane, sejak ditransfer ke Bayern Munich, Darwin Nunez, Mohamed Salah dan Virgil Van Dijk.

Ada 20 daftar peraih Ballon d'Or wanita termasuk bintang Inggris Bronze, Millie Bright dan penyerang Arsenal Beth Mead yang memenangkan Sepatu Emas di Euro wanita.

Lucy Bronze, yang menjadi runner-up pada 2019, adalah salah satu dari tiga anggota skuad pemenang Euro Inggris yang masuk dalam daftar pendek untuk penghargaan wanita.

Perancis memiliki empat nominasi, Selma Bacha, Kadidiatou Diani, Marie-Antoinette Katoto dan Wendie Renard. Juara bertahan Alexia Putellas, yang absen dari Euro karena cedera pada menit terakhir, dan bintang Norwegia Ada Hegerberg, pemenang pertama penghargaan itu pada 2018, juga ikut bersaing.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi