1.289 Sekolah Berbagai Tingkatan di Sumut Tidak Memiliki Guru Pendidikan Agama Islam

1.289 Sekolah Berbagai Tingkatan di Sumut Tidak Memiliki Guru Pendidikan Agama Islam
Rapat Koordinasi LPTQ Sumut dan Kafilah Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Minggu (22/1) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumatera Utara (Sumut) Asren Nasution meminta pengurus LPTQ Kabupaten/Kota turut mendukung upaya mengatasi kekurangan Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) di sekolah SMA/SMK yang masuk wilayah Pemprov Sumut.

Karena Berdasarkan data dari Kementrian Agama Sumut, ada sebanyak 1.289 sekolah berbagai tingkatan yang tersebar di Kabupaten/Kota se-Sumut tidak memiliki GPAI.

"Saya mendapatkan data dari Kementrian Agama Sumut ada 1049 unit SD yang tidak memiliki GPAI, 161 unit SMP dan SMA/SMK 79 unit, ini harus menjadi perhatian kita bersama. LPTQ harus turun gunung mendata, kita carikan solusi agar ini bisa terpenuhi," kata Asren Nasution, pada Pembukaan Rapat Koordinasi LPTQ Sumut dan Kafilah Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Minggu (22/1).

Menurut Asren, guru agama memiliki peran penting sebagai garda terdepan setelah orang tua dalam pendidikan keagamaan bagi anak-anak di sekolah. Selain itu, kehadiran seorang GPAI akan membawa pemahaman dan perubahan moral peserta didik tentang keagamaan.

"Ini PR kita, jangan kita tuntut mereka untuk bisa melek membaca Quran tetapi basic atau dasarnya masih kita temukan permasalahan," kata Asren Nasution yang juga Kadis Pendidikan Sumut.

Lebih lanjut dikatakannya, terkait masalah sekolah (SD dan SMP) yang menjadi kewenangan Bupati/Walikota, Asren akan menyampaikan secara langsung untuk bersama mencari solusi atas permasalahan tidak dimilikinya GPAI di sekolah tersebut.

"Saya akan sampaikan kepada Bapak Bupati dan Walikota agar ini bisa dibantu dan untuk sekolah SMA dan SMK yang menjadi kewenangan provinsi Saya akan turun langsung mencarikan solusinya," katanya.

Ketua Panitia Rakor LPTQ Sumut Palit Muda Harahap mengatakan, Rakor ini membahas pelaksanaan Seleksi Tilawati Quran dan Hadits ke-18 Tingkat Provinsi Sumut yang akan dilaksanakan di Kabupaten Padang Lawas pada Mei 2023 mendatang.

Palit berharap dukungan semua pihak untuk mendukung kesuksesan STQH ini, sehingga diharapakan mendorong umat Islam khusunya generasi muda mempelajari Alquran, termasuk memahami dan melaksanakan nilai-nilai keutamaan dalam Alquran untuk terciptanya generasi muda Islam yang berkualitas serta mampu menjadi teladan.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi