Sugianto Makmur Jaga Kelestarian Hutan Mangrove di Mandailing Natal

Sugianto Makmur Jaga Kelestarian Hutan Mangrove di Mandailing Natal
Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Sugianto Makmur (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Salah seorang anggota DPRD Sumatera Utara, Sugianto Makmur, dikenal sangat kritis dan memiliki kepedulian terhadap kepentingan rakyat dan salah satu sosok yang peduli dengan upaya pelestarian lingkungan.

“Sepemahaman saya, Sugianto salah satu kandidat penerima penghargaan tentang lingkungan yang bernama Kalpataru, itu tahun 2023 lalu,” kata penggiat dan Lingkungan Hidup, Drs. Erwin Manalu, Rabu (7/2).

Erwin melihat kawasan Pantai Timur (Tapteng, Tapsel dan Madina atau kawasan Pesisir Timur) di mana kawasan hutan mangrovenya sudah rusak luar biasa parah karena kawasan hutan mangrove di sana sudah beralih fungsi jadi kebun kelapa sawit.

“Tapi, dia mampu menjaga kelestarian hutan mangrove di Mandailing Natal di kawasan Hutan Bakau Kun Kun yang luasnya ada sekitar 100 hektar dan 3 atau 4 tahun lalu sudah menghasilkan karena posisinya bagus. Strateginya kawasan sehingga berproduksi berbentuk lobster dan kepiting yang itu semua dipanen dan dimanfaatkan oleh petani di sekitar hutan bakau Kun Kun di Mandailing Natal,” tuturnya.

Maka dari itu, lanjut Erwin, sebagai penggiat lingkungan ia merasa bahwa politisi PDI Perjuangan ini memang benar-benar sangat mencintai lingkungan.

“Dengan demikian kita berpengharapan ke depannya bahwa Sugianto dapat duduk di DPR RI yang akan mewakili kita dalam memperjuangkan dan memperbaiki ekosistem lingkungan yang nantinya akan awet dan ada nilai ekonomis tinggi bagi rakyat Indonesia,” tandasnya, sembari menambahkan bahwa Sugianto mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Dapil Sumut 1.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi