BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara Kerja Sama Wadah Penggerak Jaminan Sosial

BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara Kerja Sama Wadah Penggerak Jaminan Sosial
BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara Kerja Sama Wadah Penggerak Jaminan Sosial (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Medan Utara menggelar sosialisasi manfaat dan layanan serta penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Wadah Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (Perisai), Selasa (27/2) di Suasana Kopi Medan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Medan Utara, Raden Harry Agung Cahya mengatakan, bahwa agen perisai ini merupakan perpanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan yang bertugas untuk turun langsung ke masyarakat dan membantu memberikan edukasi terkait pentingnya memiliki jaminan sosial baik bagi pekerja bukan penerima upah (BPU) maupun pekerja mandiri.

"Kita lakukan kerja sama dengan Wadah yang membawahi Penggerak Jaminan Sosial Indonesia untuk melaksanakan tugasnya dalam rangka perluasan kepesertaan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada Peserta dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Cabang Medan Utara menyampaikan sistem keagenan terbaru, segmentasi target akuisisi, sistem Perisai Keagenan, serta manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dia juga mengemukakan, saat ini persyaratan New Perisai harus berbadan usaha bukan individu, dan perluasan akuisisi lebih difokuskan pada segmen Bukan Penerima Upah (BPU).

Agen Perisai BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan sosialisasi, menerima pendaftaran bagi masyararakat yang ingin mendaftar, dalam Program Bukan Penerima Upah (BPU). Sehingga, terlindungi dari risiko kecelakaan kerja, kematian, maupun hari tua.

"BPJS Ketenagakerjaan juga selalu berupaya meningkatkan pelayanan," ujarnya.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperluas cakupan kepesertaan pekerja informal dan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sehingga setiap pekerja yang belum terikat dengan perusahaan atau instansi para pekerja dapat mendaftar di organisasi perisai agar mendapat jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kami mengajak masyarakat yang belum terdaftar ke program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk bisa terdaftar melalui wadah perisai yang sudah bekerjasama dengan kami," ucapnya.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga mengundang seluruh elemen masyarakat yang tergabung dalam kantor perisai sekaligus memberikan pembekalan dan edukasi kepada setiap agen perisai.

"Sosialisasi ini kita lakukan, supaya mereka bisa lebih paham tentang apa yang menjadi tujuan bersama," pungkasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi