LPPM Unimed Pendampingan Pembuatan Media Animasi Berbasis TPACK kepada KKG Desa Sampali

LPPM Unimed Pendampingan Pembuatan Media Animasi Berbasis TPACK kepada KKG Desa Sampali
LPPM Unimed Pendampingan Pembuatan Media Animasi Berbasis TPACK kepada KKG Desa Sampali. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - LPPM Universitas Negeri Medan (Unimed) menyelenggarakan pengabdian program kemitraan kepada masyarakat dengan melakukan pendampingan pembuatan media animasi berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) kepada Kelompok Kerja Guru (KKG) Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2024 bertempat di SD Negeri 101774 Sampali, yang dihadiri oleh tim PkM dari LPPM Unimed, Koordinator KKG Desty Pratama Azhari, S.Pd dan para guru, Pengawas Sekolah Diana Dewi, S.Pd., M.Si dan Subagio, S.Pd selaku Kepala Sekolah sekaligus sebagai Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Wilayah VI yang juga menjadi mitra dalam kegiatan pendampingan.

Dalam kata sambutannya, Subagio, S.Pd mengatakan pentingnya pemdampingan ini lakukan bagi guru SD yang tergabung dalam KKG Wilayah V terutama dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yakni: masih terbatasnya penguasaan literasi digital, kurangnya dalam memahami TPACK yang dapat dikemas sebagai media dan sumber ajar; dan belum memiliki keterampilan yang memadai dalam pembuatan media animasi berbasis TPACK.

Untuk itu melalui kegiatan pengabdian program kemitraan kepada masyarakat ini, ketua pelaksana Dr. Deny Setiawan, M,Si beserta tim PkM dari LPPM Unimed memberikan pendampingan kepada guru kelas tinggi yang tergabung dalam KKG Wilayah V.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber Dila Azhari, M.Pd untuk memdampingi para SD dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengembangan media animasi berbasis TPACK serta mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran.

Respon dari para guru sangat positif terhadap kegiatan pendampingan ini dan berharap adanya keberlanjutan program untuk meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik secara berkesinambungan.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi