Pelaku Pungli di Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk Ditangkap

Pelaku Pungli di Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk Ditangkap
Pelaku pungutan liar di pintu masuk pemandia air panas Sidebuk-debuk, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, ditangkap (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Pungutan liar terjadi di pintu masuk Pemandian Air Panas, Sidebuk-debuk, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Para pelakunya mencoba menganiaya pengunjung yang hendak masuk ke objek wisata tersebut.

Kali ini, video pungli itu viral di media sosial. Sekelompok pemuda, memaksa pengunjung memberikan uang sebelum masuk ke kawasan itu.

Dari video itu, pengunjung yang mengendarai sepeda motor menolak permintaan para pelaku untuk memberikan retribusi sebesar Rp 20 ribu. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (6/8) malam.

Setalah ksi viral, Kepolisian kemudian menindaklanjutinya dan menangkap para pelaku. Dari empat orang pelaku, tiga yang ditangkap yakni MST (31), TB (50) dan JP (28), ketiganya adalah warga Desa Doulu. Sedangkan satu orang pelaku yakni SBS (50) yang juga warga Doulu, masih dalam pencarian.

"Korban merupakan wisatawan yang sedang melintas menunju pemandian Air Panas, dan dihentikan oleh para pelaku, untuk membayar sejumlah uang (pungli) untuk memasuki kawasan wisata tersebut," kata Kapolres Karo, AKBP Ronny Nicholas Sidabutar, Senin (8/8).

Di video itu juga terlihat korban yang menolak membayar kemudian mendapat penganiayaan. Handphone milik korban juga dirusak. Bahkan, dalam video itu terlihat seorang pelaku mengangkat batu besar dan akan melemparkannya kepada korban.

"Para pelaku mengakui tanpa ijin melakukan pungli dan memaksa pengunjung lainnya untuk memberikan sejumlah uang agar dapat masuk ke pemandian air panas," ujar Ronny.

Atas kejadian tersebut korban yang bernama Simon Jaki Situmorang, Warga Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang kemudian membuat laporan ke Polres Tanah Karo.

"Polisi langsung melakukan penyelidikan. Tiga pelaku ditangkap. Sementara satu lagi masih dalam proses pengejaran," tandasnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi