Yafsi Tingkatkan Kapasitas Kelompok Tani Permata di Karo

Yafsi Tingkatkan Kapasitas Kelompok Tani Permata di Karo
Kelompok Tani Permata di Karo ikuti pelatihan koperasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI), berupaya meningkatkan kapasitas petani dan pemuda tentang manajemen kelompok melalui pelatihan koperasi di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Minggu (13/11).

"Kami berharap peserta paham bagaimana mengelola kelompok, ke depan ada korporasi yang dikelola untuk meningkatkan sosial ekonomi di Desa Semangat ini, karena banyak potensi yang bisa dimanfaatkan di desa ini." ujar Ketua YAFSI, Badriyah.

Badriyah menuturkan, ini merupakan bentuk dukungan YAFSI untuk menguatkan kelompok tani dan pembentukan koperasi melalui pengabdian dana CSR Corteva Agriesciense Manufacturing Indonesia terhadap kelompok petani yang tergabung dalam Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda Melalui Kelompok Tani Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani atau PERMATA Desa Semangat.

Kepala Desa Semangat Resmando Sinulingga, mengucapkan terimakasih kepada YAFSI yang sudah membentuk kelompok tani di Desa Semangat.

"Saya berharap, kelompok ini dapat berkembang dan memberikan kontribusi untuk Desa Semangat. Saya juga berharap kelompok ini dapat mengurus perizinannya, jadi kami dapat mendukung dengan baik program-program yang dijalankan kelompok Permata ini," katanya dalam sambutannya.

Menurut Yasra Al-Fariza sebagai narasumber yang hadir, bahwa pembentukan koperasi harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang mumpuni.

"Koperasi ini ada beberapa macam, kelompok bisa memilih koperasi mana yang cocok untuk dikembangkan dalam kelompok. Yang paling utama manajemen kelompok harus lebih baik," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi