Yafsi Berharap Kelompok Tani Permata Dapat Tingkatkan Ekonomi

Yafsi Berharap Kelompok Tani Permata Dapat Tingkatkan Ekonomi
Kegiatan Agro Expo yang digelar YAFSI di Desa Semangat, Kabupaten Karo. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) menyelenggarakan kegiatan Agro Expo dengan menampilkan pameran produk pertanian yang meliputi hasil perkebunan yang ada di Desa Semangat, seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan makanan olahan.

Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi, promosi, edukasi, dan pameran terhadap produk Kelompok Permata Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo.

"Agro Expo merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang telah di lakukan YAFSI sejak Oktober 2022. Program ini diberi nama Pemberdayaan Perempuan dan Pemuda Melalui Kelompok Tani Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani yang disingkat dengan PERMATA. Program ini dilaksanakan di Desa Semangat, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, melalui dana pengabdian CSR dari PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia 2022." Ujar Ketua YAFSI, Badriyah di Desa Semangat, Jumat (27/1).

Ditambahkannya juga, pertanian di Indonesia memiliki kontribusi penting terhadap peningkatan ekonomi serta kebutuhan pokok masyarakat. Namun, kenyatannya sebagian besar penduduk Indonesia masih belum sejahtera. Permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat sangatlah beragam, tidak terkecuali dari kalangan perempuan atau ibu rumah tangga.

"Program pertanian ini dilaksanakan dengan pemanfaatan lahan produktif dan non produktif sebagai sumber pendapatan dan membangun model kelembagaan yang dapat membantu petani mengatasi masalah keuangan mereka. Tentunya saya mengucapkan terimakasih kepada Corteva untuk program CSR ini, juga kepada para stakeholder yang mendukung kelompok petani Permata," ucap Badriyah.

Sementara itu, Pimpinan Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia, Jhon Situmeang mengatakan pemberdayaan kelompok petani merupakan salah satu agenda tahunan yang diadakan bersama YAFSI dari hasil CSR perusahaan.

"Tahun ini, program pengabdian kita berikan di Desa Semangat Kecamatan Merdeka, ikepada kelompok tani Permata yang dikelola oleh YAFSI dan kita harapkan jangan berhenti di sini saja dan kita mau terus berkembang dan membentuk kelompok-kelompok baru dan kita berharap dengan apa yang diberikan oleh kelompok tani ini bisa dimanfaatkan ke depan. Karena, selain bercocok tanam, kita juga membekali kelompok tani permata ini dengan kegiatan sosialisasi digital Marketing dan penguatan kelompok," jelas Jhon.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi